Berbisnis Onlin…

Berbisnis Online

Pada jaman sekarang ini dengan adanya media internet maka menjalankan bisnis menjadi semakin mengglobal. Bila Anda biasanya memasarkan produk atau jasa Anda secara offline yang biasa Anda lakukan di tempat usaha Anda berupa toko maupun melalui jaringan pemasaran bisnis Anda, sekarang Anda bisa menjual produk atau jasa Anda di internet menggunakan website yang langsung boooom…, pasar Anda menjadi lebih luas, pasar Anda bisa menjangkau seluruh pasar indonesia langsung maupun yang lebih besar lagi ke pasar seluruh dunia. Tinggal Anda putuskan, Anda ingin fokus untuk menjangkau pasar yang mana.

Perbedaan bila Anda berjualan offline dengan berjualan online yaitu bila Anda berjualan offline saja, maka calon pembeli Anda dapatkan dari orang-orang yang datang ke toko Anda, tetapi dengan berjualan online maka Anda bisa menjangkau orang-orang yang memiliki akses internet dimanapun mereka berada yang membuka website Anda. Anda membuka pasar baru seketika. Karena itu bagaimana bila Anda sekarang mulai berjualan ke pasar seluruh dunia?

Semakin besar pasar tentunya semakin baik dan perbedaan antara memasarkan produk Anda ke pasar indonesia saja atau ke pasar seluruh dunia hanya dibedakan oleh bagaimana Anda mengirimkan produk Anda nantinya. Barang yang dikirim sama, hanya biaya kirim saja yang berbeda, untuk keluar negeri Anda bisa mengenakan biaya kirim yang lebih mahal kepada pembeli.

Sebagai awal untuk memulainya, tentunya Anda harus memiliki produk atau jasa yang bisa dijual di internet, lalu membuat website baik berupa toko online atau dengan website penjualan yang sederhana. Dan di website, Anda bisa menampilkan produk-produk maupun jasa yang Anda tawarkan dengan data yang sedetail mungkin termasuk foto produk dan spesifikasi.

Foto atau gambar dari sebuah produk sangat penting untuk berjualan online agar calon pembeli bisa melihat seperti apa produk yang akan ia dapatkan nantinya, dan dengan data produk yang detail, maka calon pembeli bisa memutuskan langsung di website mau membeli atau tidak pada saat itu juga.

Karena media internet tersebut tanpa batasan wilayah, maka website Anda yang menampilkan produk bisa dilihat dan penawaran Anda bisa dibaca oleh orang-orang di luar indonesia dan bila penawaran Anda menarik dan produk Anda adalah produk yang dicari dan dibutuhkan oleh mereka, maka mereka bisa membeli produk Anda dan melakukan order di website Anda. Tetapi permasalahan yang timbul kemudian adalah bagaimana Anda bisa menerima pembayaran untuk produk yang akan Anda jual bila ada pembeli dari luar negeri dan memesan produk Anda di website? Solusinya saat ini adalah PayPal atau mentransfer.

Peluang Usaha Online Pilihan                     
Pilihan Peluang usaha online yang ada di internet sangat banyak, mulai dari yang termudah sampai yang sukar sampai ada juga yang membutuhan keahlian khusus dibidang internet. Agar Anda tidak mengalami masalah saat menjalankannya pilihlah dari yang termudah, dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Berikut beberapa pilihan peluang usaha online yang bisa Anda coba:

1. Menjual Produk atau Barang Sendiri
Di Internet apapun bisa anda jual termasuk barang bekas, atau barang kuno sekali pun. Apalagi kalau Anda sudah punya produk yang dapat dipasarkan. Di dunia online banyak situs yang bisa kita manfaatkan secara gratis untuk menjual produk kita, misalnya tokobagus.com. Bisa juga Anda memasarkannya di situs penyedia iklan baris gratis.

Kalau ingin sambil sedikit belajar, Anda bisa membuat blog gratis untuk memasarkan produk atau barang Anda tersebut. Kalau tak ingin repot, bisa menggunakan jAsa pembuatan toko online atau blogstore (blog untuk berjualan).

2. Menjual Jasa atau Keahlian
Dengan internet, jarak dan waktu jadi semakin dekat dan semakin sempit. Setiap orang bisa mengakses semua informasi secara online. Ini kesempatan bagi Anda untuk menjual jasa dan keahlian Anda. Sebagai contoh Anda suka menulis, Anda bisa membuat jasa menuliskan artikel secara online. Pelunag usaha online ini bisa anda lakukan secara online tanpa harus bertemu secara langsung dengan orang yang memerlukan jasa anda.

3. Menjadi Perantara (Affiliate Marketing)
Kalau produk tidak punya dan keahlian pun kurang, pilihan Peluang Usaha ini sangat tepat untuk Anda. Anda bisa menjual produk orang lain dengan mendapatkan imbalan komisi dari setiap transaksi penjualan yang terjadi. Beberapa situs yang sudah terkenal di dunia online membuka sistem penjualan barang atau produknya secara affiliasi sebagai contoh Amazon, yang beralamat di http://www.amazone.com.

4. Memasang Iklan Orang Lain di Blog atau Situs Anda
Peluang usaha yang satu ini tepat untuk Anda yang juga ingin sambil belajar membuat blog atau website. Setelah Anda mempunyai blog atau situs. Beberapa perusahaan online seperti Google Adsense, Kliksaya.com, Kumpulblogger.com, Infolink.com bersedia memasang iklan di blog Anda dan siap membayar bila iklannya diklik oleh pengunjung blog anda.

Kelebihan Berbisnis Online

  1. buka 24 jam. Sebuah toko fisik atau konvensional biasanya hanya buka beberapa jam saja misalkan dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam, di luar jam itu pembeli yang ingin melakukan transaksi tidak bisa terlayani lagi. dengan menggunakan toko online hal itu bisa teratasi. Sebuah toko online mampu menggelar dagangan 24 jam penuh.
  2. easier and faster to find anything. Proses mencari barang dapat dilakukan secepat kilat dari manampun asal tersedia koneksi internet, dan dapat dilakukan dari mana saja, dan juga proses pembadingan harga dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat tinggal membuka beberapa toko online dibandingkan harus mendatangi toko konvensional satu persatu.
  3. low investment. Untuk mempunyai toko online biasanya modal yang diperlukan sangatlah jauh daripada kita harus membuka toko konfensional. Hanya perlu domain dan hosting. tanpa perlu menyewa tempat (seperti toko konvensional). Tanpa perlu untuk meng-hire / membayar karyawan. Dan asiknya lagi tanpa harus mempunyai barang yang dijual atau ditawarkan.

 

Selain kelebihan, berikut ada kelemahan yang bisa jadikan acuan untuk mengembangkan bisnis online anda

Kelemahan Berbisnis Online

  1. unable cash and carry.Barang yang dibeli melalui toko online biasanya tidak langsung sampai ke tangan si pelanggan karena harus menunggu beberapa jam atau beberapa hari tergantung letak toko online tersebut karena adanya proses pengiriman. Si pembeli juga cendrung merasa was was jika melakukan proses pembayaran terlebih dahulu dan juga kadang dibebani ongkos kirim.
  2. informasi tentang produk hanya berupa teks dan gambar. Toko online biasannya hanya memasang text (penjelasan) dan gambar saja atau kadang juga berupa animasi. Hal ini juga menjadi kekurangan toko online karena di toko konfensional kita bisa memperhatikan detail daripada produk yang dijual secara detail.

Penjualan online saat ini sudah banyak orang yang berjualan lewat internet tetapi kebanyakan masih menggunakan blog yang umumnya gratisan seperti blogspot dan multiply. Sebaiknya jangan permalukan bisnis Anda dengan dengan layanan gratisan. Apalagi dengan adanya kasus multiply yang diblok akhir-akhir ini bisa menyebabkan kerugian dan ancaman terhadap bisnis kita yang kita pajang di multiply. Selain itu kalo dengan menggunakan blog, produk yang kita pasang terbatas, aksesnya juga lambat untuk review foto-fotonya. Pengunjung pun kurang leluasa untuk melihat produk-produk kita.

Karena itu untuk berjualan emang tepatnya kita makai toko online untuk memajang produk-produk kita. Kita bisa manage dengan mudah, memasang foto-foto dengan mudah pula. Selain ada fasilitas review harga dan deskripsi biasanya juga ada fasilitas keranjang belanja (shopping cart) yang bisa dipakai calon pembeli, fasilitas ini bisa dinonaktifkan kalo tidak ingin dipakai. Pembayaran pun bisa melalui paypal, kartu kredit atau transfer langsung. Ketika Anda membuka toko online dengan web gratisan, tingkat kepercayaan masyarakat juga hanya sedikit atau terbatas. Hal ini berbeda dengan menggunakan web berbayar. Selain fiturnya lebih lengkap, juga akan menciptakan rasa percaya. Karena logikanya, mereka akan berpikir bahwa tidak mungkin penipuan mau repot-repot menggunakan website berbayar dan sangat lengkap.

Sumber: http://infoduit.com/kelebihan-dan-kekurangan-penjualan-online

                http://www.pemasarinternet.com/tag/artikel-bisnis-online/

                http://www.peluangusaharumahan.com/peluang-usaha-online-pilihan.html

Aside | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s