ORGANISASI BISNIS

Suatu organisasi yang melakukan aktivitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit). Contoh organisasi bisnis percetakan. Percetakan disebut organisasi bisnis karena tujuan ekonominya adalah menghasilkan keuntungan melalui kegiatan jasa percetakan untuk melayani masyarakat.

Agar bisnis dapat berjalan dengan sukses maka perlu diorganisasikan. Unsur bisnis yang perlu mendapat perhatian pengusaha yaitu lingkungan bisnis. Lingkungan sangat besar pengaruhnya kepada efisiensi dari operasional perusahaan dan kemampuannya untuk memperoleh keuntungan, Untuk itu setiap pemilik dan pemimpin usaha harus dapat memahami keadaan lingkungannya dan dampak lingkungan tersebut terhadap usahanya.

Secara garis besar lingkungan bisnis dapat dibedakan menjadi; lingkungan pasar (market environment), dan lingkungan bukan pasar (nonmarket environment). Yang termasuk dalam lingkungan pasar adalah unsur-unsur dalam sistem pasar yang berpengaruh terhadap kegiatan suatu perusahaan, yang meliputi :

  1. Langganan
  2. Perusahaan yang menyediakan bahan mentah
  3. Para pekerja dalam perusahaan
  4. Perusahaan lain pesaing maupun bukan pesaing

Sedangkan lingkungan bukan pasar meliputi beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan perusahaan dalam perekonomian. Unsur-unsurnya antara lain :

  1. Kegiatan ekonomi pada keseluruhannya
  2. Peraturan dan Undang-undang negara dan pelaksanaannya
  3. Kestabilan pemerintah/politik dan kebijakan pemerintah
  4. faktor sosial dan budaya dalam masyarakat
  5. Organisasi perburuhan dan masyarakat lain
  6. Situasi dan perkembangan ekonomi global

Unsur lain yang mempengaruhi lingkungan bisnis berasal dari luar negara antara lain perkembangan persaingan dan kemampuan untuk bersaing, pertumbuhan di negara lain dan investasi modal asing. Untuk menghadapi persaingan dalam era globalisasi saat ini, organisasi bisnis perlu meningkatkan teknologi dan produktivitas, melakukan penetrasi ke pasar baru, dan menekan biaya produksi

Salah satu contoh artikel perusahaan yang saya buat, PT  mondos world merupakan perusahaan percetakan yang besar dan mesin cetak yang ia miliki rata-rata berukuran besar, seperti: mesin cetak web, mesin cetak 4 warna dengan ukuran 1 plano (1 lembar koran), sedangkan mesin paling kecil ia miliki adalah mesin cetak 2 warna dengan ukuran ½ plano, sehingga ia hanya menerima order cetakan dengan oplah (volume) yang besar saja.

karyawan bagian marketing yang bertugas mencari order cetakan diperusahaan ini. Dalam mencari order cetakan  banyak mendapat order cetakan dengan oplah kecil yang tidak mungkin dicetak diperusahaan ini, sehingga saya tolak order tersebut.

Penolakan order kecil tersebut banyak mengecewakan customer saya, sebagian besar merupakan customer yang sering memberikan order yang besar pada perusahaan ini.

Untuk mengatasi hal tersebut dan juga merupakan peluang usaha bagi saya untuk membangun usaha percetakan kecil, maka saya merencanakan membangun usaha percetakan kecil tersebut.

Modal Usaha

Modal dasar usaha dan telah disetorkan sebesar Rp 30.450.000 (Tiga puluh juta empat ratus lima puluh ribu rupiah).

II.    Pemasaran                      

Produk & Segmentasi

Percetakan kecil disini adalah industri usaha percetakan dengan menggunakan mesin produksi kecil atau mesin offset kantor dengan ukuran maks HVS dan oplah berkisar 1 rim HVS (500 lembar), seperti: cetakan kop surat, Undangan pernikahan, sertifikat, kwitansi, bon dan buku dengan oplah kecil.

Segmentasi pasar dalam mencari order cetakan ditargetkan 2 segmentasi, yaitu:

–          Kustomer perusahaan PT Mondos World

–          Pelanggan baru yang mengetahui keberadaan usaha ini.

Persaingan

Usaha percetakan kecil ini cukup banyak yang membukanya, tapi permintaan order cetakan kecil sangat banyak, sehingga dengan membuka satu usaha lagi tidak akan banyak merusak pasar.

Peluang

Usaha percetakan kecil saya ini mendapatkan order dengan 2 cara, yaitu:

–          Order pasti (captive market) dari lemparan dari perusahaan PT Mondos World

–          Order potensial (Potensial market), yaitu: merebut bagian pasar bebas

TUJUAN :

PT  mondos world membuka perusahaan percetakaan di karenakan peluangnya yang cukup bagus dan juga pendapatannya yang bisa jadi akan bertambah terus menerus karena customer yang bisa saja bertambah.

Aside | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s