Promosi dan Pemasaran yang beretika

Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.

B. Tujuan Promosi

1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial

2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit

3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan

4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar

5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing

6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

 

Promosi  yang  menguntungkan karyawan dan lingkungan:

1. Memilih Produk Promosi Sesuai dengan Target Pasar.

Sebelum memilih hadiah yang akan dijadikan sebagai produk promosi, sebaiknya lakukan survei untuk mengetahui minat dan kebutuhan yang banyak dicari target pasar Anda. Hal ini untuk menyesuaikan hadiah yang paling menarik bagi para konsumen Anda. Misalnya saja seperti memilih hadiah mangkok dan piring untuk membidik konsumen wanita khususnya ibu rumah tangga, atau memilih hadiah perlengkapan sekolah (seperti pensil, pulpen, dan buku tulis) untuk pasar anak-anak, serta masih banyak lagi contoh menarik lainnya.

2. Siapkan Biaya Promosi yang Cukup untuk Memberikan Hadiah Menarik.

Walaupun hanya sekedar hadiah gratis, namun jangan pernah menganggap remeh dan memberikan hadiah yang kurang berkualitas pada konsumen Anda. Ingat, bahwa produk promosi yang Anda tawarkan mewakili nama baik perusahaan yang Anda miliki. Karena itu berikan produk promosi yang berkualitas bagus pada pelanggan Anda, agar mereka selalu mengingat citra baik yang telah Anda bangun dari strategi pemasaran tersebut. Sehingga mereka akan selalu loyal dengan perusahaan yang Anda miliki.

3. Berikan Manfaat bagi Konsumen Anda. 

Selain menarik, sebaiknya berikan produk promosi yang bermanfaat bagi para konsumen. Agar mereka tidak hanya menikmati manfaat dari produk yang dibelinya saja, tetapi juga mendapatkan tambahan manfaat dari produk promosi yang didapatkannya. Strategi ini dapat Anda coba dengan memberikan penawaran promosi beli dua gratis satu, dengan begitu konsumen dapat berhemat dan memanfaatkan bonus tersebut untuk memenuhi kebutuhan mereka.

4. Sesuaikan Produk Promosi dengan Event (kegiatan) Tertentu.

Untuk menarik minat para konsumen, banyak pelaku usaha maupun pemasar yang sengaja menyesuaikan produk promosinya dengan event atau trend yang saat ini sedang ramai diperbincangkan masyarakat. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen, sehingga mereka rela membeli sebuah produk untuk mendapatkan hadiah yang sedang dicari banyak orang.

Dari pembahasan diatas bisa disimpulkan bahwa dalam membagikan produk promosi, usahakan untuk memberikan hadiah yang berkualitas dan menggambarkan perusahaan Anda. Sehingga produk yang Anda bagikan memberikan manfaat bagi para konsumen, dan menjadi media promosi yang cukup efektif  bagi perkembangan bisnis.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s